Friday 8 September 2017

Cara Membuat Bunga Buatan dari Plastik Bekas



Kompetensi Dasar :

4.1 Mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan fungsis hias dari berbagai bahan limbah berdasarkan konsep berkarya.
4.3 Mencipta karya kerajinan fungsi hias dari berbagai bahan limbah sesuai teknik dan prosedur.

Hai sahabat bloggers! :) 

Kali ini saya akan membahas tentang pengolahan limbah yang tidak berguna.
Nah, kalian tahu tidak? kalau sebenarnya sampah yang di sekitar kita bisa dimanfaatkan menjadi barang yang memiliki fungsi hias dan guna. Apalagi dapat mendatangkan pundi-pundi uang. Hayoo Siapa yang tidak berminat?


Langsung saja kita bahas cara membuat bunga buatan dengan mendaur ulang plastik yang sudah tidak terpakai (how to make artificial flower DIY with plastic recycle)

Tujuan dibuatnya produk ini adalah mengurangi sampah plastik dan kardus yang sekiranya masih bisa didaur ulang sehingga menjadi karya yang bernilai jual,guna, dan hias. Dengan memanfaatkan plastik beragam warna kita bisa menyulap kantong plastik yang dipandang sebelah mata oleh sebagian orang menjadi peluang bisnis yang bisa kita manfaatkan.

Produk hasil olahan plastik ini, bisa digunakan untuk menghias ruang tamu sebagai pajangan dan juga bisa diperjual belikan, tergantung niat dari si pembuat dalam pemanfaatannya.

Dalam pembuatan produk ini saya hanya mengeluarkan uang sebesar Rp2.500 untuk membeli kertas kado. Untuk membuatnya dibutuhkan alat dan bahan sebagai berikut :

1. Kertas Kado



2. Kardus bekas

3. Pita


4. Kantung plastik



5. Kawat

6. Benang

7. Lem kertas

8. Lem serba guna
9. Selotip

10. Kertas krep

11. Gunting
12. Penggaris
13. Pensil/ bolpoin

Setelah alat dan bahan terkumpul langsung saja kita bahas cara pembuatannya.


Pertama, gambarlah pola pada kardus bekas sesuai dengan desain dan ukuran yang diinginkan, gunakan pensil/bolpoin untuk menggambar. Jika menginginkan desain yang rapi, gunakan penggaris dalam penggambarannya. Setelah itu potong kardus. Lakukan hal yang sama sebanyak 4 kali ataupun 3 kali sesuai dengan keinginan.


 





Ke-dua, untuk membuat alas yang sesuai dengan desain yang dibuat, rekatkan potongan kardus menggunakan selotip sementara, setelah itu jiplak pola yang terbentuk pada kardus bekas lain yang telah disiapkan. Kemudian potong alas tersebut.




Ke-tiga, lepas kembali selotip yang telah dipasangkan pada kardus. Lalu jiplaklah potongan kardus pada kertas kado menggunakan pensil. Potong kertas kardus setelah itu rekatkan menggunakan selotip.
 






Ke-empat, Hiaslah vas yang telah jadi menggunakan pita, rekatkan pita menggunakan lem serba guna.



 




Ke-lima, potonglah Kantung plastik menjadi segi empat. tumpuklah plastik menjadi tiga. kemudian lipat, ikat plastik menggunakan benang. Potong kedua ujungnya.


 






Ke-enam, Tarik kedua ujung plastik hingga keduanya menjadi bentuk lingkaran. Tata lah agar plastik tampak mengembang dan menyerupai bunga. Lakukan hal serupa dengan warna kantung plastik yang berbeda.







ke-tujuh, tancapkan kawat di bawah bunga, bungkuslah kawat dengan kertas krep berwarna hijau (rekatkan dengan lem kertas) agar tampak seperti batang bunga.




 ke-delapan, guntinglah kertas krep menyerupai bentuk daun kemudian tempelkan pada batang yang telah jadi.



Untuk lebih jelasnnya dalam pembuatan bunga, sahabat bloggers bisa cek video yang saya buat berikut : 




ke-sembilan atau yang terakhir, rangkailah bunga sesuai keinginan, dan bunga siap untuk dijadikan hiasan.




Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi sahabat bloggers dalam pemanfaatan limbah yang kian lama kian menumpuk. 

Sampai jumpa pada postingan berikutnya ~